Port Forwarding menggunakan SSH

Fitur custom subdomain ke serveo.net

Posted by Mustafa on December 31, 2023

Assalamu'alaikum wr wb, di penghujung tahun 2023 ini saya manfaatkan waktu untuk posting tulisan di blog sederhana ini. Tidak lain agar saya nanti bisa dengan mudah mencari tulisan ini saat saya lupa bagaimana cara melakukan port forwarding hanya dengan bermodalkan terminal / command prompt tanpa install aplikasi apapun.

Syarat untuk bisa melakukan port forwarding dengan SSH ini hanyalah 1 hal yaitu akun gmail atau akun github (pilih salah satu) untuk melakukan verifikasi keygen. Mengapa perlu verifikasi key-gen, sebab untuk bisa menyicipi fitur custom domain ini perlu melakukan verifikasi. Sebenarnya tanpa menggunakan keygen juga tidak masalah, namun link yang digenerate oleh serveo nantinya adalah link random yang tentu akan berubah tiap kali kita melakukan port forwarding.

Port Forwarding / Virtual Server

Virtual Server/Port Forwarding memungkinkan komputer yang jauh untuk terhubung dengan komputer atau layanan tertentu di jaringan wilayah lokal (LAN) pribadi.

Berbeda dengan pemanfaatan DDNS di no-ip, penggunaan port forwarding dengan serveo bisa dilakukan tanpa harus setting port forwarding di router.

Untuk bisa mengakses web server di localhost dari jarak jauh maka diperlukan port forwarding ini sebab ip komputer server kita adalah ip private yang tidak bisa diakses melalui internet. Biasanya kita memanfaatkan DDNS untuk bisa mengakses ip private komputer dari jaringan internet karena ip private komputer kita bersifat dinamis yang akan berubah sewaktu-waktu.

Let's forward your local server

Bagi pengguna Windows, pastikan Open SSH Client telah terinstall dan activated / enabled. Untuk Windows 10 dan 11, Open SSH Client telah terinstall secara default sehingga memudahkan user untuk akses SSH tanpa harus install putty. Bagi pengguna Windows 7 / 8 mungkin perlu install putty terlebih dahulu untuk bisa menggunakan SSH. Silakan buka terminal / CMD di Windows lalu ketikkan ssh-keygen dan tekan enter.

... ketikkan ssh-keygen untuk menggenerate RSA key di komputer.

Setelah itu, ketikkan ssh -R nama domain:80:localhost:port serveo.net lalu tekan enter. Ganti (nama domain) dengan nama domain anda dan ganti port sesuai dengan port aplikasi di server anda.

... Setelah muncul link registrasi, silakan tekan ctrl + klik secara bersamaan untuk menuju link tersebut atau bisa juga dengan copy link tersebut dan dipaste di browser.

Setelah verifikasi sukses, anda bisa menghentikan terlebih dahulu proses forwarding ini dengan menekan ctrl + c secara bersamaan. Ulangi lagi prosesnya dengan menekan tombol up di keyboard lalu tekan enter. Akan muncul sebuah link dengan warna hijau yang bisa diakses melalui internet menuju aplikasi di web server kita. Link tersebut berupa nama domain anda.serveo.net menyesuaikan nama domain yang anda ketikkan. Selamat, sekarang anda bisa mengakses aplikasi web server kita melalui internet dan jangan menutup terminal/CMD agar koneksi tidak terputus, anda cukup me-minimize saja.

... Dalam kasus saya, saya menggunakan nama domain test sehingga untuk mengakses web server lokal saya cukup mengetik "test.serveo.net" di browser