Otomatis membuka file saat mengunduh via Mozilla Firefox?

Ini solusinya

Posted by Mustafa on February 07, 2023

Assalamu'alaikum wr wb, saya yakin anda seringkali mengunduh berbagai ekstensi file saat browsing di internet, salah satunya adalah file dokumen berupa PDF. Saat anda selesai mengunduhnya, file tersebut otomatis terbuka di tab baru. Sebagian dari anda mungkin tidak merasa terganggu saat browser membuka file tersebut secara otomatis setelah selesai terdownload, namun bagi sebagian orang termasuk saya hal ini membuat kurang nyaman.

Mengapa ini bisa terjadi?

Saat tulisan ini dibuat, versi up to date Mozilla Firefox adalah 122. Secara default, Mozilla Firefox otomatis akan membuka file PDF saat selesai mengunduhnya, tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada user.

Peramban Mozilla Firefox secara default akan membuka file PDF setelah selesai download.

Lantas bagaimana solusinya?

Mudah saja, anda hanya perlu pergi ke pengaturan browsernya melalui menu yang terletak di pojok atas. Pilih setting lalu arahkan ke bagian aplikasi. Lihat bagian action, secara default akan membuka file PDF di browser. Untuk mengubahnya anda bisa menekan dropdown pada menu action tersebut. Ada beberapa opsi yang bisa anda pilih, yakni open in Firefox, Always ask, Save file, atau Use default application.

... Anda hanya tinggal memilih opsi dropdown pada kolom action.